Pada tulisan kali ini saya
mengutip dari skripsi yang berjudul “Keberhasilan PT. PLN (PERSERO) P3B
Jawa-Bali dalam Memperoleh ISO 9001:2000”. Dalam skripsi ini dibahas secara
terperinci mengenai definisi ISO, macam seri ISO 9000, sejarah mengenai pendirian
ISO, bagaimana perubahan ISO 9000:1994 ke ISO 9000:2000. Berikut merupakan
penjelasan dari ISO:
ISO atau International Organization for Standarization merupakan standar
dunia yang dibentuk untuk meningkatkan perdagangan Internasional yang berkaitan
dengan perubahan barang maupun jasa, sehingga dapat disimpulkan sebagai
koordinasi standar internasional, publikasi standar harmonisasi internasional,
dan promosi pemakaian standar internasional. Terdapat berbagai macam seri dari
ISO 9000 yang memiliki standar, pedoman, dan laporan yang terangkum di
dalamnya. Berikut seri dari ISO 9000:
· a. ISO
9000:2000, Dasar dan Kosakata Sistem Manajemen Mutu
·
b. ISO
9001:2000, Persyaratan Sistem Manajemen Mutu
·
c. ISO
9004:2000, Pedoman untuk Kinerja Peningkatan Sistem Manajemen Mutu
·
d. ISO
19011, Pedoman Audit Sistemn Manajemen Mutu dan Lingkungan
ISO 9000 telah mengalami
perubahan sebanyak tiga kali dan ini merupakan revisi ketiga yaitu dari ISO
9000:1994 ke ISO 9000:2000. Penerbitan kembali revisi standar ISO 9000
menunjukkan adanya perubahan, diantaranya penggabungan ISO 9001, ISO 9002, dan
ISO 9003 menjadi ISO 9001 saja. Sedangkan ISO 9001 yang semula memiliki 20
elemen kemudian disederhanakan menjadi 4 elemen yang diantaranya, tanggung
jawab manajemen, manajemen sumber daya, manajemen proses, serta pengukuran dan
analisis peningkatan.
Dalam skripsi tersebut penulis
menjelaskan bagaimana persiapan PT. PLN (PERSERO) P3B Jawa-Bali dalam
memperoleh sertifikasi ISO 9001:2000 yang diantaranya
a. Dukungan
data maupun dokumen yang disimpan sesuai dengan prosedur yang berlaku, sehingga
memudahkan proses telusur.
b. Dukungan
pelatihan yang dilakukan PT. PLN (PERSERO) P3B Jawa-Bali yang secara rutin
membuat manajemen dan pegawai memiliki bekal informasi tentang ISO 9001:2000
sebagai modal awal proses perolehan sertifikasi ISO 9001:2000.
Selain itu juga dijelaskan
secara rinci mengenai upaya, kerja keras, dan kunci kesuksesan PT. PLN
(PERSERO) P3B Jawa-Bali dalam memperoleh ISO 9001:2000, dan juga hasil evaluasi
kembali keseluruhan persyaratan dalam memperoleh sertifikasi tersebut dengan
menggunakan ISO Checklist. Namun
kekurangannya karena penelitian hanya sebatas bagaimana upaya memperoleh
sertifikasi ISO 9001:2000, sehingga tidak terdapat analisis bagaimana
pengembangan PT. PLN (PERSERO) P3B Jawa-Bali agar meningkatkan kualitas dan
memperoleh sertifikasi lainnya.
DIKUTIP DARI:
Skripsi
ANGGA SUKSMA WICAKSONO
“KEBERHASILAN PT.PLN (PERSERO)
P3B JAWA-BALI DALAM MEMPEROLEH ISO 9001:2000”
TAHUN 2010
UNIVERSITAS BINA NUSANTARA