30 Mei 2015

Tugas Softskill ke-3 : “Keberhasilan PT. PLN (PERSERO) P3B Jawa-Bali dalam Memperoleh ISO 9001:2000”



                Pada tulisan kali ini saya mengutip dari skripsi yang berjudul “Keberhasilan PT. PLN (PERSERO) P3B Jawa-Bali dalam Memperoleh ISO 9001:2000”. Dalam skripsi ini dibahas secara terperinci mengenai definisi ISO, macam seri ISO 9000, sejarah mengenai pendirian ISO, bagaimana perubahan ISO 9000:1994 ke ISO 9000:2000. Berikut merupakan penjelasan dari ISO:
            ISO atau International Organization for Standarization merupakan standar dunia yang dibentuk untuk meningkatkan perdagangan Internasional yang berkaitan dengan perubahan barang maupun jasa, sehingga dapat disimpulkan sebagai koordinasi standar internasional, publikasi standar harmonisasi internasional, dan promosi pemakaian standar internasional. Terdapat berbagai macam seri dari ISO 9000 yang memiliki standar, pedoman, dan laporan yang terangkum di dalamnya. Berikut seri dari ISO 9000:
·         a. ISO 9000:2000, Dasar dan Kosakata Sistem Manajemen Mutu
·         b. ISO 9001:2000, Persyaratan Sistem Manajemen Mutu
·         c. ISO 9004:2000, Pedoman untuk Kinerja Peningkatan Sistem Manajemen Mutu
·         d. ISO 19011, Pedoman Audit Sistemn Manajemen Mutu dan Lingkungan
ISO 9000 telah mengalami perubahan sebanyak tiga kali dan ini merupakan revisi ketiga yaitu dari ISO 9000:1994 ke ISO 9000:2000. Penerbitan kembali revisi standar ISO 9000 menunjukkan adanya perubahan, diantaranya penggabungan ISO 9001, ISO 9002, dan ISO 9003 menjadi ISO 9001 saja. Sedangkan ISO 9001 yang semula memiliki 20 elemen kemudian disederhanakan menjadi 4 elemen yang diantaranya, tanggung jawab manajemen, manajemen sumber daya, manajemen proses, serta pengukuran dan analisis peningkatan.
Dalam skripsi tersebut penulis menjelaskan bagaimana persiapan PT. PLN (PERSERO) P3B Jawa-Bali dalam memperoleh sertifikasi ISO 9001:2000 yang diantaranya
a. Dukungan data maupun dokumen yang disimpan sesuai dengan prosedur yang berlaku, sehingga memudahkan proses telusur.
b.  Dukungan pelatihan yang dilakukan PT. PLN (PERSERO) P3B Jawa-Bali yang secara rutin membuat manajemen dan pegawai memiliki bekal informasi tentang ISO 9001:2000 sebagai modal awal proses perolehan sertifikasi ISO 9001:2000.
Selain itu juga dijelaskan secara rinci mengenai upaya, kerja keras, dan kunci kesuksesan PT. PLN (PERSERO) P3B Jawa-Bali dalam memperoleh ISO 9001:2000, dan juga hasil evaluasi kembali keseluruhan persyaratan dalam memperoleh sertifikasi tersebut dengan menggunakan ISO Checklist. Namun kekurangannya karena penelitian hanya sebatas bagaimana upaya memperoleh sertifikasi ISO 9001:2000, sehingga tidak terdapat analisis bagaimana pengembangan PT. PLN (PERSERO) P3B Jawa-Bali agar meningkatkan kualitas dan memperoleh sertifikasi lainnya.

DIKUTIP DARI:
Skripsi
ANGGA SUKSMA WICAKSONO
“KEBERHASILAN PT.PLN (PERSERO) P3B JAWA-BALI DALAM MEMPEROLEH ISO 9001:2000”
TAHUN 2010
UNIVERSITAS BINA NUSANTARA